Saijo Shun

Saijo Shun

October 4th – 25 th 1999

Karya seni Mr.Saijo Shun,berbeda dengan kebanyakan seniman saat ini yang dihiasi kepalsuan.Yang sangat saya rasakan, . simpatinya terhadap “utsur ofubi : semakin indah karena berubah” yang ada pada sifat dasar orang ]epang. Karakteristiknya merasakan bahwa sesuatu yang telah berjalan dengan waktu, lebih indah dibandingkan sesuatu yang baru. Ia merasakan karya seni baru pun akan mengalami utsurofubi. Namun demikian, kepalsuan utsurofubi bukanlah dari karyanya, tapi karena bahan seni yang bersangkutan.
Inti ursurofubi adalah perubahan, sehingga pada proses pernbuaran lama-kelamamaan akan tampak wajah baru, dan ini berbeda pada setiap bahan. Ia tertarik bahan karya seni dari gips dan besi, perubahannya secara alami, akan mengungkapkan tentang keberadaanya, dan menunjukkan kebesarannya.
-Banyak seniman yang karyanya semakin lama semakin sedikit, tetapi bagi Mr.Saijo terhadap karyanya yang sudah jadi pun tidak akan berkurang. Itu karena karyanya mempuyai sifat uutsurofubi yang semakin Iama justru semakin besar.
Diharapkan karya barunya tentang banana paper juga mempunyai sifat utsurofubi, yang akan mempunyai daya tarik bagi setiap orang.

Gallery Yamaguchi ( Tokyo Kyohashi )

Mitsuko Yamaguchi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *